IKLAN DFP 1 Materi Seleksi Bagi Bakal Calon Anggota Paskibraka Kota,Provinsi, Nasional | Hello Paskibra
IKLAN 3 PARSE

Materi Seleksi Bagi Bakal Calon Anggota Paskibraka Kota,Provinsi, Nasional

IKLAN 1 PARSE
Hello Paskibra- Bagi kau yang tertarik menjadi salah satu member PASKIBRAKA, berikut jenjang tingkatan level  seleksi yang mesti di lalui untuk menjadi  menjadi member  PASKIBRAKA  
 

MATERI SELEKSI

Materi seleksi ini merupakan materi-materi yang diberi pada waktu seleksi berlangsung, sehingga pada waktu aktivitas seleksi usai, diinginkan menciptakan siswa-siswi yang terkualifikasi, bagus secara jasmani , kecakapan, intelektualitas, sikap, ataupun mental, dan spiritual.
Materi seleksi terdiri dari delapan materi. Masing-masing materi memiliki beban|muatan berbeda, untuk 100 persen.
Materi hal yang demikian adalah :

a.    Parade
Parade ialah  suatu wujud  materi yang akan diterapkan  untuk menyeleksi peserta menurut atas wujud jasmani /perawakan tubuh. Adapun format seleksi yang diberi diantaranya ialah :
-  Kesan biasa tak ditemukan kelainan yang terlihat 
- Tak ada persoalan|problem,permasalahan keindahan 
- Tinggi badan tak kurang dan tak lebih dari prasyarat yang ditetapkan,  yakni:
- Putra: minimal 170 cm, optimal 180 cm
- Putri: minimal 165 cm, optimal 175 cm
- Berat badan tak kurang dan tak lebih 5 kg dari berat badan minimum
- Ekstremitas:
- been max. 5 cm
- X been max. 5 cm
-  Platefoot partial
Sasaran yang diinginkan dari seleksi parade ialah  siswa-siswi yang mempunyai perawakan tubuh bagus, sehingga dibuat individu atau kategori  dengan sikap tubuh yang bagus.

b. PBB ( Baris Berbaris)
Baris-berbaris yakni bentuk latihan jasmani guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta menyusun sikap lahir dan batin yang  diberi tuntunan atau diberi arahan pada suatu pewatakan tertentu. PBB  merupakan suatu materi dan kegiatan atau kesibukan di lapangan untuk menyeleksi kecakapan baris berbaris peserta seleksi, secara berkelompok ataupun secara individual cocok  juklak PBB yang dikeluarkan oleh TNI, adalah SKEP No. 611/ X/1985. Sub materi yang diberi pada waktu seleksi PBB antara lain:
1)   Sikap sempurna
2)   Hormat
3)   Jalan di tempat
4)   Sikap istirahat
5)   Langkah biasa ;
6)   Langkah tegap;
7)   Meluruskan barisan, lencang kanan/kiri, 1/2 lencang kanan/kiri;
8)   Melangkah (ke depan/ke belakang, ke kanan/ kiri);
9)   Hadap kiri/kanan dan serong kanan/kiri;
10) Balik kanan; dan
11) Bunyi untuk memberi aba-aba.
Sasaran yang diinginkan dari seleksi PBB ini ialah bagi peserta calon Paskibraka mempunyai  kecakapan baris-berbaris yang cocok dan pantas dengan ketetapan dan peraturan, bagus secara individu ataupun berkelompok, sehingga bisa dibuat kategori pasukan yang solid, tertib, dan rapih. Kecuali itu, untuk mengenal karakter pribadinya masing-masing.

c.  Psikotest
Psikotest suatu wujud materi yang akan diterapkan untuk menyeleksi peserta menurut pada psikologi yang dimiliki tiap  individu peserta. Adapun wujud seleksi yang diberi ialah  untuk mengenal kualifikasi sikap, mental, dan kejiwaan masingmasing peserta antara lain berkaitan :
1)  Ketertarikan dan talenta,
2)  Konsistensi,
3)  Kepribadian,
4)  Pengambilan keputusan,
5)  Sosialisasi,
6)  Achievement,
7)  Kekuatan  menghadapi tekanan keadaan,
8)  Kecakapan menyesuaikan diri mengikuti keadaan, dan
9)  Kesanggupan berprofesi dalam kategori golongan
(Cooperative Liability).
Sasaran pemberian seleksi psikotest ini ialah untuk memilih peserta calon Paskibraka yang mempunyai poly kejiwaan cocokdengan hal-hal di atas yang bagus, sehingga didapatkan seorang individu PASKIBRAKA mempunyai jiwa dan mental yang kuat, tangguh, dan sanggup melakukan  tugas secara bagus.

d. Samapta/ Fisik Jasmaniah
Samapta/fisik|jasmaniah merupakan suatu wujud materi yang akan diterapkan untuk menyeleksi peserta menurut daya fisiknya dengan memberikan bermacam-macam tipe ragam variasi wujud test jasmani.
Adapun test jasmani yang diberiantara lain: 
- Perawakan atau wujud tubuh normal 
- Batas minimal kesamaptaan fisik:
Fisik  A: lari 12 menit
Putra: minimal 2.000 m
Putri: minimal 1.800 m
Fisik B: Batas minimal per 30 detik per {tipe|macam|ragam|variasi} gerakan
Macam  Gerakan      
Jenis Gerakan       Putra
Putri
Sit-up 20
15
Push-up        20
15
Back-up         20
15
Shuttle run (15m)      20
15

Sasaran pemberian seleksi kesamaptaan ini merupakan  siswa-siswi dengan daya jasmani  prima secara individual, sehingga dibuat dijadikan suatu pasukan yang mempunyai kesehatan dan kebugaran isik betul-betul bagus.

e. Kesehatan dan Kebugaran
Kesehatan dan kebugaran merupakan keadaan biasa metabolisme organ seseorang yang memiliki kecakapan, tubuh untuk melakukan tugas secara efisien dan produktif tanpa kelelahan yang berarti. Materi kesehatan dan kebugaran sekurang-kurangnya memuat :
1)  Pemeriksaan fungsi hati;
2)  Pemeriksaan fungsi jantung;
3)  Pemeriksaan fungsi paru;
4)  Pemeriksaan fungsi ginjal;
5)  Pemeriksaan fungsi mata;
6)  Pemeriksaan fungsi alat pendengaran, hidung, dan tenggorokan (THT)
7) Pemeriksaan perawakan( tubuh; dan 
8) Pemeriksaan jasmani|.
Sasaran pemberian seleksi kesehatan dan kebugaran ini untuk mengenal tingkat kesehatan dan kebugaran siswa/siswi peserta seleksi supaya calon Paskibraka yang terpilih dan diungkapkan lulus memiliki  kekuatan  tubuh dan daya jasmani yang prima sehingga sanggup melakukan tugas secara bagu, konsentrasi, dan tanpa lelah.
f.  Wawancara
Wawancara merupakan  cara| yang diterapkan untuk menyeleksi peserta menurut kesanggupan, mental, dan ideologi dari calon peserta. Adapun wujud seleksi yang dikasih}antara lain:
1)  Pemeriksaan/pengevaluasian seharusnya bisa mencerminkan sikap mental yang positif;
2)  Mempunyai semangat menjadi member PASKIBRAKA yang positif dan mantap, balk sebelum ataupun setelah seleksi;
3)  Pengertian, penghayatan dan pengamalan agama/kepercayaan, dan juga tradisi, bagus tempat ataupun nasional;
4)  Aspek intelegensi: mempunyai kecerdasan minimal taraf “rata-rata”; dan
5) Aspek Kepribadian; mempunyai kepribadian, sikap, stabilitas emosional, kesanggupan menyesuaikan diri yang bagus & mantap.
6)  Aspek ideologi : keloyalan kepada Pancasila.
Sasaran  yang diinginkan dari pemberian seleksi ini merupakan untuk mengenal peserta calon Paskibraka mempunyai wawasan, mental spiritual yang positif, semangat, dedikasi, intelektualitas, dan kepribadian yang bagus, sehingga bisa menjadi seorang PASKIBRAKA yang bijaksana,arif dan percaya diri.
g. Kesenian daerah
Kesenian merupakan suatu wujud materi yang akan dipakai untuk menyeleksi peserta menurut jiwa seni yang dimiliki individu hal yang demikian. Wujud seleksi yang dikasih ialah merupakan peserta seleksi dipersilahkan untuk menonjolkan wujud kesenian yang dipegangnya, apakah itu berupa seni musik, tari, atau yang lainnya.
Sasaran yang diinginkan dari pemberian materi kesenian ini merupakan untuk mengenal ketertarikan, talenta dan kreativitas peserta calon Paskibraka, kecuali mempunyai kesanggupan jasmani yang tangguh dan intelektualitas yang tinggi juga mempunyai jiwa seni yang bagus, sehingga diinginkan PASKIBRAKA yang disusun juga mempunyai jiwa seni yang akan memberikan sentuhan estetika dan kesenian bagi jiwa masing-masing individu.

h. Pengetahuan 
Pengetahuan umum merupakan wujud materi yang diterapkan untuk menyeleksi peserta menurut pengetahuan perihal kepaskibrakaan, pengetahuan nasional dan internasional. Wujud seleksi berupa soal-soal alternatif ganda atau yang lainnya.
Sasaran yang diinginkan dari pemberian materi Pengetahuan   ini merupakan siswa-siswi yang mempunyai intelektualitas yang tinggi, pengetahuan yang luas, bagus Nasional ataupun internasional, sehingga dia bisa menjadi panutan bagi para member-member lain di PASKIBRAKA ataupun di daerahnya masing masing.

JADWAL SELEKSI
Jadwal seleksi   PASKIBRAKA dilaksanakan secara berjenjang dari  tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Seleksi PASKIBRAKA tingkat Kabupaten/Kota selambat-lambatnya dilakukan akhir bulan April. Seleksi untuk tingkat Provinsi seharusnya telah selesai pada tanggal 22 Mei tahun berjalan. Nama-nama calon PASKIBRAKA Tingkat Nasional  dari Provinsi seharusnya|telah masuk ke Panitia Tingkat Nasional
IKLAN PARSE 2

0 Response to "Materi Seleksi Bagi Bakal Calon Anggota Paskibraka Kota,Provinsi, Nasional"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
IKLAN DFP 2
IKLAN DFP 2